Selamat datang di Media Pembelajaran Cakrawala!

Solusi Belajar

Friday, May 17, 2019

0

Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur

Untuk membuat prosedur harus menggunakan struktur teks prosedur kompleks yang terdiri dari 3 bagian yakni bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah, berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai stuktur teks prosedur diantaranya yakni:
  1. Bagian tujuan
Pada bagian ini, menuliskan apa tujuan dari langkah-langkah yang akan dibuat atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.
  1. Bagian material
Pada bagian ini dijelaskan apa saja alat dan bahan dalam proses membuat sesuatu yang diinginkan, atau apa-apa saja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.
  1. Bagian langkah-langkah adalah pada bagian ini merupakan langkah-langkah atau urutan-urutan dalam melakukan sesuatu yang ingin dicapai, dan pada bagian ini langkah-langkah harus urt tidak boleh di acak.
Mengapa struktur teks prosedur harus digunakan? Karena untuk memudahkan pembaca dalam menirukan langkah-langkah yang telah dibuat, sehingga pertama dipaparkan apa tujuan membuat langkah-langkah, lalu mempersiapkan alat dan bahan agar saat praktek tidak kebingungan mencari alat dan bahan, sehingga dengan kesiapan material akan mudah melakukan langkah-langkah dengan baik. Dengan adanya struktur teks prosedur, paragraf yang dibuat akan memiliki satu kesatuan.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Berikut dibawah ini akan disebutkan ciri-ciri teks prosedur yang tidak dimiliki oleh teks-teks lainnya diantaranya sebagai berikut:
  1. Teks prosedur menggunakan kata perintah yakni suatu kalimat yang bermaksud memrintah pembaca untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh langkah-langkah tersebut.
  2. menggunakan kata penghubung yakni kata penghubung seperti setelah itu, kemudian, pertama, kedua, selanjutnya, akhirnya dan lain sebagainya.
  3. Menyebutkan waktu dan tempat serta langkah-langkah yang akurat
  4. Teks prosedur menggunakan kata kerja aktif

0 comments:

Post a Comment