Selamat datang di Media Pembelajaran Cakrawala!

Solusi Belajar

Friday, May 17, 2019

0

Manusia Purba

Pengertian Jenis Dan Ciri Manusia Purba – Manusia Purba Ialah Jenis Manusia Pada Masa Zaman Prasejarah, Manusia Purba Tersebut Mempunyai Jenis-Jenis Dan Juga Ciri-Ciri Masing-Masing Dari Ciri-Ciri Ini Dapat Diketahui Jenis Manusia Purba Tersebut Dan Juga Dari Penelitian Manusia Purba Dilakukan Dengan Melalui Mengadakan Suatu Peneliatian Penggalian Wilayah Yang Diperkirakan Ialah Sebagai Tempat Hidup Manusia Purba.
Pengertian Manusia Purba
Pengertian Manusia Purba
Penggalian Itu Dapat Menghasilkan Temuan Yang Berupa Sisa-Sisa Tumbuh-Tumbuhan, Hewan, Dan Juga Manusia Yang Sudah Membantu (Fosil). Fosil Tumbuhan, Hewan Dan Juga Manusia Tersebut Ditemukan Di Lapisan Bumi Tertentu. Dengan Mengetahui Umur Pada Lapisan Bumi, Dapat Diketahui Umur Pada Fosil.

Jenis-Jenis Manusia Purba Dan Ciri-Cirinya

Jenis Manusia Purba Dari Indonesia

MEGANTHROPUS PALAEOJAVANICUS
Meganthropus Palaeojavanicus Ialah Manusia Raksasa Dari Jawa Kuno.
Fosil Manusia Purba Tersebut Ialah Jenis Manusia Purba Paling Tua Yang Pernah Ditemukan Di Indonesia. Penemunya Ialah “Ralph Von Koenzgswald” Pada Fosil Yang Ditemukan Berupa Rahang Bawah Dan Juga Atas Gigi Lepas. Dengan Cara Stratigrafi Diketahui Bahwa Fosil Tersebut Berada Pada Suatu Lapisan Puçangan. Berdasarkan Pada Umur Lapisan Tanah, Diperkirakan Fosil Megantropus Paleojavanicus Tersebut Berumur 1-2 Juta Tahun.
Ciri-Ciri Meganthropus Palaeojavanicus
  1. Berbadan Tegap Dengan Tonjolan Tajam Di Belakang Kepala.
  2. Bertulang Pipi Tebal, Dengan Tonjolan Kening Yang Mencolok.
  3. Otot Kunyah, Gigi, Dan Juga Rahang Besar Dan Kuat.
  4. Makanannya Jenis Tumbuh-Tumbuhan.
  5. Tidak Berdagu.
PITHECANTHROPUS
Pithecanthropus Ialah Manusia Kera
Fosil Manusia Purba Jenis Pithecantropus Ialah Jenis Manusia Purba Yang Paling Banyak Ditemukan Pada Indonesia. Dengan Melalui Cara Stratigrafi, Diketahui Fosil Tersebut Berada Pada Suatu Lapisan Pucangan Dan Juga Kabuh. Berdasarkan Pada Umur Lapisan Tanah, Diperkirakan Bahwa Fosil Pithecanthropus Amat Bermacam -Macam Umurya, Antara 30.000-2 Juta Tahun.
Ciri-Ciri Pithecantropus
  1. Tinggi Tubuhnya Ialah Kira-Kira 165 – 180 Cm.
  2. Otot Kunyah Tidak Sekuat Meganthropus.
  3. Hidung Lebar Dan Juga Tidak Berdagu.
  4. Makanannya Bervariasi Tumbuhan Serta Daging Hewan Buruan.
  5. Badan Tegap, Tetapi Tidak Setegap Meganthropus.
  6. Tonjolan Kening Tebal Dan Juga Melintang Sepanjang Pelipis.
Jenis-Jenis Pithecanthropus
  1. Pithecanthropus Mojokertensis (Manusia Kera Dari Mojokerto)
    Fosil Manusia Purba Tersebut Ditemukan Oleh “Von Koenigswald” Di Dekat Mojokerto , Jawa Timur, Di Tahun 1936. Fosil Berbentuk Tengkorak. Fosil Ini Disebut Juga Dengan “Pithecanthropus Robustua”.
  2. Pithecanthropus Erectus (Manusia Kera Yang Berjalan Tegak)
    Fosil Manusia Purba Tersebut Ditemukan Oleh “Eugene Dubois” Di Tahun 1890 Di Trinil , Lembah Bengawan Solo. Fosil Berupa Suatu Tulang Rahang, Bagian Atas Tengkorak , Geraham, Dan Juga Tulang Kaki.
  3. Pithecanthropus Soloensis (Manusia Kera Dari Solo)
    Fosil Manusia Purba Tersebut Ditemukan Oleh “Von Koenigswald Dan Juga Openorth Di Ngandong Serta Sangiran”, Di Tepi Bengawan Solo, Di Antara Tahun 1931 – 1933. Fosil Berupa Tengkorak Dan Juga Tulang Kering.
HOMO
Homo Ialah Manusia
Fosil Manusia Purba Jenis Homo Ialah Paling Muda Dibandingkan Dengan Fosil Manusia Purba Jenis Lainnya. Disebut Juga Dengan “Homo Erectus” (Manusia Berjalan Tegak) Atau Juga “Homo Sapiens” (Manusia Cerdas Atau Bijaksana). Dengan Melalui Cara Stratigrafi, Diketahui Bahwa Fosil Tersebut Berada Pada Suatu Lapisan Notopurpo. Berdasarkan Dengan Umur Lapisan Tanah, Diperkirakan Bahwa Fosil Homo Bermacam-Macam Umurnya ,Ialah Antara 25.000 – 40.000 Tahun.
Ciri-Ciri Homo
  1. Tinggi Pada Tubuh 130 – 210 Cm.
  2. Otot Kunyah, Gigi, Dan Juga Rahang Sudah Menyusut.
  3. Tonjolan Pada Kening Sudah Berkurang Dan Juga Sudah Berdagu.
  4. Mempunyai Ciri-Ciri Ras Mongoloid Dan Juga Austramelanosoid
  5. Otak Lebih Berkembang Daripada Meganthropus Serta Pithecanthropus.

Jenis-Jenis Homo

  1. Homosis (Manusia Dan Juga Solo) Soloen
    Fosil Manusia Purba Jenis Ini Ditemukan Oleh “Von Koenigswald Dan Juga Weidenrich” Di Tahun 193-1934 Di Lembah Bengawan Solo. Fosil Yang Ditemukan Ialah Berupa Tengkorak. Dari Volume Otaknya, Bukan Lagi Berupa Manusia Kera ( Pithecantropus)
  2. Homo Wajakensjs (Manusia Dan Wajak)
    Fosil Manusia Purba Jenis Ini Ditemukan “Dubois” Di Tahun 1889 Pada Daerah Wajak Dekat Tulungagung. Manusia Purba Jenis Ini Sudah Mampu Untuk Dapat Membuat Alat-Alat Dengan Batu Ataupun Tulang. Homo Wajakensjs Tersebut Juga Telah Mengenal Cara Memasak Makanan.

Jenis Manusia Purba Dari Luar Indonesia

  • Australopithecus Africanus
    Fosil Manusia Purba Tersebut I Ditemukan Di Taung, Dekat Vryburg, Di Afrika Selatan. Fosil Tersebut Ditemukan Oleh “Raymond Dart”, Di Tahun 1924. Diperkirakan Australopithecus Africanus Ini Hidup 2-3 Juta Tahun Yang Lalu.
  • Sinanthropus Pekinensis
    Fosil Manusia Purba Tersebut Ditemukan Di Gua Choukoutien, Peking (Yang Sekarang Beijing), RRC. Fosil Tersebut Ditemukan Oleh “Davidson Black” Di Tahun 1927. Sinanthropus Pekinensis Termasuk Homo Sapiens Sehingga Sering Kali Disebut Juga Dengan “Homo Pekinensis”.
  • Homo Neanderthalensis
    Fosil Manusia Purba Jenis Ini Ditemukan Oleh “Rudolf Virchow” Pada Lembah Sungai Neander, Dekat Dusseldorf, Jerman. Ciri-Ciri Homo Neanderthalensis Tersebut Mendekati Ciri-Ciri Manusia Purba Homo Wajakensis.
  • Homo Rhodesiensis
    Fosil Manusia Purba Jenis Ini Ditemukan Oleh “Raymond Dart Dan Juga Robert Brom” Di Tahun 1924 Di Gua Broken Hill, Rhodesia (Sekarang Menjadi Zimbabwe).
  • Homo Cro-Magnon
    Fosil Manusia Purba Jenis Ini Ditemukan Di Gua Cro-Magnon, Dekat Lez Eyzies, Di Sebelah Barat Daya Prancis. Fosil Ini Pertama Kali Ditemukan Di Tahun 1868. Ciri-Ciri Pada Manusia Purba Jenis Ini Mendekati Dengan Ciri-Ciri Manusia Modern.

0 comments:

Post a Comment