Selamat datang di Media Pembelajaran Cakrawala!

Solusi Belajar

Friday, May 17, 2019

0

Perkenalan

1
Salam Perkenalan

  1. 1
    Katakan "Hajimemashite". Frasa ini berarti “Senang bertemu dengan Anda” atau artinya hampir sama dengan “Ayo berteman”. Ucapkan frasa ini sebagai ha-ji-me-ma-shi-te. Saling mengatakan "hajimemashite" biasanya merupakan langkah pertama untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. "Hajimemashite" adalah konjugasi dari kata "hajimeru" yang artinya “mengawali” atau “mulai”.[1]
  2. 2
    Pilihlah salam Anda berdasarkan waktu. Anda dapat mengganti salam perkenalan ini dengan "Hajimemashite" meskipun jarang digunakan. Dalam bahasa Jepang, ada tiga cara dasar untuk mengatakan halo: ohayoukonnichiwa, dan konbanwa. Sama seperti orang Indonesia mengatakan, “Selamat pagi”, “Selamat siang”, dan “Selamat sore/malam”, orang-orang Jepang menggunakan salam yang berbeda untuk membedakan waktu.
    • "Ohayou" (diucapkan sebagai o-ha-yo-u) berarti “selamat pagi” dan sering digunakan sebelum siang. Untuk membuatnya lebih sopan, katakan "ohayou gozaimasu" (go-za-i-MAS).
    • "Konnichiwa" (KO-ni-chi-wa) berarti “selamat siang” dan juga merupakan ucapan “halo” yang standar. Frasa ini dapat digunakan mulai dari siang hari hingga pukul 5 sore.[2]
    • "Konbanwa" (kon-BAN-wa) berarti “selamat sore” atau “selamat malam” dan biasanya digunakan mulai dari pukul 5 sore hingga tengah malam. Jika Anda ingin menggabungkan beberapa frasa, Anda dapat menggunakan bahasa Jepang yang berarti “Salam kenal”, yaitu aisatsu (A-i-sat-su).
  3. 3
    Perkenalkan diri Anda. Cara yang paling umum dan mudah untuk memperkenalkan diri Anda dalam bahasa Jepang adalah menggunakan frasa "Watashi no namae wa ___ desu" (wa-TA-shi no na-MA-eh wa ___ des). Kalimat ini berarti “Nama saya adalah ___”. Jika Anda menggunakan nama lengkap Anda, katakan nama keluarga Anda terlebih dahulu.[3]
    • Misalnya: "Watashi no namae wa Miyazaki Hayao desu", artinya “Nama saya adalah Hayao Miyazaki”.
    • Ingatlah bahwa orang-orang Jepang jarang menggunakan “watashi” dalam percakapan. Saat memperkenalkan diri, Anda dapat menghilangkan kata "watashi wa" jika Anda ingin terdengar seperti orang lokal. "Anata", yang berarti “Anda”, juga dapat dihilangkan.[4] Jadi, Anda dapat mengatakan "Joe desu" untuk memberi tahu seseorang bahwa nama Anda adalah Joe.
  4. 4
    Katakan "Yoroshiku onegaishimasu" untuk mengakhiri perkenalan awal Anda.Ucapkan yo-RO-shi-ku o-ne-ga-i-shi-mas. Frasa ini secara harfiah berarti “Bersikaplah baik kepada saya”. Meskipun mungkin tidak umum mengatakan hal seperti ini di dalam bahasa Indonesia, tetapi ini adalah frasa yang sangat penting untuk diingat saat memperkenalkan diri sendiri kepada penutur asli Jepang. Frasa ini biasanya merupakan frasa terakhir yang digunakan orang-orang Jepang saat mereka memperkenalkan diri mereka.[5]
    • Untuk bentuk yang lebih kasual, Anda dapat mengatakan "Yoroshiku". Akan tetapi, dalam hampir semua kasus, Anda sebaiknya menggunakan bentuk yang lebih resmi dan sopan.
    • Jika Anda memperkenalkan diri secara kasual kepada orang muda dengan posisi sosial hampir sama, Anda dapat menghilangkan hampir semua kata tambahannya. Katakan saja, "Joe desu. Yoroshiku" yang berarti “Saya Joe. Senang bertemu dengan Anda”.[6]

2
Memulai Percakapan

  1. 1
    Jelaskan lebih banyak tentang diri Anda sendiri. Anda dapat menggunakan bentuk "Watashi wa ___ desu" untuk menyebutkan hal-hal lain, seperti umur, kebangsaan, atau pekerjaan. "Watashi wa Indoneshia-jin desu," (wa-TA-shi wa In-do-ne-shi-ya-jin des) yang berarti “Saya orang Indonesia”. "Watashi wa juugosai desu," (wa-TA-shi wa ju-u-go-sai des) berarti “Saya berumur lima belas tahun”.
  2. 2
    Mulailah dengan sapaan atau basa-basi yang ramah. Bahasa Jepang untuk “Bagaimana kabar Anda?” adalah "Ogenki desu ka?" (o-GEN-ki des ka). Akan tetapi, pertanyaan ini sebenarnya menanyakan kesehatan seseorang. Jika Anda menghindari tanggapan apa pun, katakan "Otenki wa ii desu ne?" (o-TEN-ki wa i des ne) yang berarti “Cuacanya bagus, ya?”
  3. 3
    Berilah tanggapan. Jika Anda mengatakan "Ogenki desu ka", bersiaplah untuk menanggapi jawaban mereka. Saat Anda menanyakan pertanyaan ini, kemungkinan besar orang lain akan menjawab "Genki desu," (GEN-ki des) atau "Maamaa desu" (MAH-MAH des). Jawaban yang pertama berarti “Saya baik-baik saja”, sedangkan jawaban yang kedua berarti “Saya cukup baik”. Apa pun jawabannya, mereka akan bertanya "Anata wa?"(a-NA-ta wa) kepada Anda yang berarti “Bagaimana dengan Anda?” Saat mereka menanyakannya, Anda dapat menjawab "Genki desu, arigatou", (GEN-ki des, a-ri-GA-to) yang berarti “Saya baik-baik saja. Terima kasih”.
    • Anda juga dapat mengganti "arigatou" dengan "okagesama de" (o-KA-ge-sa-ma de) yang artinya sama.
  4. 4
    Ketahuilah cara untuk meminta maaf. Jika suatu saat Anda tidak mengetahui apa yang harus dikatakan (atau tidak mengetahui apa yang baru saja dikatakan orang lain), jangan takut untuk meminta maaf dan mengatakan bahwa Anda tidak tahu. Anda dapat melakukannya dalam bahasa Inggris, jika harus, dan menggunakan bahasa tubuh yang meminta maaf. Akan tetapi, tidak ada salahnya belajar cara meminta maaf dalam bahasa Jepang. Jika dibutuhkan, katakan "gomen nasai"(ごめんなさい)(go-men na-SA-i), yang artinya “Maaf”.

0 comments:

Post a Comment