Selamat datang di Media Pembelajaran Cakrawala!

Solusi Belajar

Thursday, May 16, 2019

0

Announcement

Pengertian Teks Announcement
Setiap belajar jenis teks bahasa Inggris, selalu kita awali dengan pengertian atau definisi jenis teks tersebut. Hal ini penting karena tiap jenis teks mempunyai tujuan dan struktur berbeda. Dengan mengetahui pengertiannya, akan sangat terbantu dalam memahami keseluruhan teks tersebut meski disana sini ada banyak kosa kata (vocabulary) yang kita belum tahu artinya.
Menurut para ahli, seperti meriam-webster.com, kata announcement didefinisikan sebagi berikut:
a written or spoken statement that tells people about something : public or formal words that announce something
Kalau kita merujuk pada definisi tersebut, bisa kita sederhanakan bahwa announcement atau pengumuman adalah pernyataan atau tulisan resmi yang memberitahukan kepada khalayak umum tentang sesuatu.
Karena fungsi utamanyanya adalah memberitahukan, menyerukan dan mengajak, maka annoucement ini sangat berkaitan dengan jenis teks analytical exposition dan juga hortatory text.
Generic Structure Announcement dalam Teks Bahasa Inggris
Setiap jenis tek mempunyai social function berbeda dan kerananya juga memiliki pola susunan yang berbeda pula. Susunan yang lazim digunakan ini kita sebut sebaai generic structure. Pola generic structure ini dipakai dalam menulis jenis teks pengumunan ini agar tujuannya tercapai. Adapun generic structure announcement adalah sebagi berikut:
1. Title: Ini adalah bagian yang paling penting karena mewakili isi keseluruhan dari pengumuna tersebut. Meski begitu kadang tidak disebutkan dengan jelas.
2. Explanation: Penjelasan lebih lanjut tentang pengumunan tesebut. Biasanya terdiri dari informasi dasar yang mencakup: jenis kegiatan, waktu, tempat, dan partisipant.

Contoh Annoucement – Pengumuman dalam Bahasa Inggris Berbagai Kegiatan

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari pengumuman bahasa Inggris yang akan dilengkapi dengan penjelasan maksud dan tujuannya.
Contoh Annoucement 1
pengumuman bahasa inggris
Contoh pengumuman dalam bahasa Inggris
Gambar annoucement  bahasa Inggris diatas adalah tentang adanya kegiatan kantor dalam menghadapi liburan. Ditujukan kepada semua staff perusahaaan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Hayo semua ikut ada acara karaoke dan tari loh
Contoh Annoucement 2
pengumumna pendek bahasa Inggris
Contoh pengumuman pendek dalam bahasa Inggris
Pengumuman diatas ditujukan kepada para murid tingkat 12 akan dibukanya pendaftaran program polytechnic  yang diselenggarakan pada bulan Juli dengan 2 macam pilihan. Hayo segera hubungi contact person nya.
Contoh Announcement 3
pengumuman lomba dalam bahasa Inggris
Pengumunan dalam bahasa Inggris tentang lomba di sekolah
Tahukan maksud dan tujuan ditulisnya pengumunan diatas? Ya para murid diharap berpartisipasi dalam lomba debat (debate competition). Hayo ikut siapa tahu bisa menang. Kan lumayan hadia juara 1 sebesar 2 juta lo hehe.
Contoh Announcement 4
contoh pengumuman resmi perusahaan
Pengumuman dalam bahasa Inggris tentang perubahan nama perusahaan
Annoucement diatas adalah pernyataan resmi sebuah perusahaan agar diketahui khalayak terutam para client dan customer bahwah ada perubahan nama perusahaan. Meski nama telah dirubah produk dan kualitas tetap dijamain sama.

0 comments:

Post a Comment